Gigiku Rp 500.000


Aku menggunakan gigi palsu sejak sekitar tahun 2011. Gigi palsu itu sempat aku perbaiki karena patah di tahun 2018.  Namun, ternyata tidak bertahan lama. 

Beberapa waktu yang lalu, aku mengalami kejadian yang kurang menyenangkan.  Kejadian ini terjadi di hari Minggu ketika aku sedang makan siang. Menu makannya adalah makanan favoritku, yaitu tempe. Saat sedang makan, ketika mengunyah, aku merasakan ada yang berbeda di dalam mulutku. Ternyata, gigi palsuku patah.

Kejadian ini sangat tidak aku harapkan.  Secara penampilan membuatku harus menggunakan masker supaya tidak terlalu mencolok dilihat ketika berbicara dengan orang lain sehingga tidak mengurangi kepercayaan diriku. Selain itu, aku juga bergumul karena harus ada waktu untuk ke tempat pembuatan gigi selain juga biayanya yang aku sudah tahu tidak sedikit.

Ditambah lagi, aku baru saja menginjakkan kaki di Malang. Aku belum tahu tempat pembuatan gigi yang baik. Akhirnya aku nekat menggunakan google dengan melihat rating dari tempat pembuatan gigi yang muncul informasinya di google.

Puji Tuhan ada dukungan yang datang tanpa diduga untuk membantuku menggantikan gigi palsuku. Setelah aku putuskan tempat pembuatan gigi yang akan aku datangi, aku segera minta ijin kepada bapak asrama untuk keluar kampus selain juga menginformasikan kepada teman-teman satu meja makanku.

Singkat cerita, aku diperiksa oleh dokter gigi di tempat pembuatan gigi tersebut dan diinformasikan beberapa pilihan gigi yang bisa aku gunakan.  Harganya variatif mulai dari Rp 500 ribu hingga di atas Rp 1 juta. Mengingat dana dan juga kebutuhan mendesak akan gigi tersebut, akhirnya aku putuskan memilih gigi palsu seharga Rp 500.000. sekitar tiga hari aku harus menunggu sebelum gigi tersebut jadi.

Kejadian ini membuatku berpikir. Satu gigi palsu harganya Rp 500.000. bagaimana jika seluruh 
gigiku harus diganti. Menurut mbah google, jumlah gigi orang dewa itu sebanyak 32 buah. Total biayanya adalah Rp 16.000.000. Itu jika gigi palsu yang dipesan adalah gigi palsu paling murah seperti yang aku pesan. Jika memesan gigi palsu dengan harga Rp 1 juta, berarti totalnya jadi dua kali lipat. Beh

Mengestimasi total harga gigi palsu itu membuatku terhentak membayangkan berapa harga seluruh tubuhku jika diestimasi dengan harga bagian tubuh yang bisa dipalsukan.  Belum lagi jika menghitung biaya cuci darah jika gagal ginjal.  Operasi cangkok ginjal.  Operasi jantung dan sebagainya. Bisa milyaran rupiah lebih pastinya. MAHAL coiiiiiiiii!!!

Analogi harga organ-organ tubuhku membuatku merinding mengingat pernyataan dalam Alkitab yang mengatakan bahwa diriku itu berharga.  Benar memang sangat berharga mahal. Itu baru organ tubuh. Jiwaku itu dihargai dengan kematian Tuhan Yesus agar aku bisa kembali bisa berelasi dengan Allah, Sang Penciptaku.

Alangkah kurang ajarnya jika aku tidak menghargai diriku dengan merasa tidak percaya diri.  Alangkah kurang ajarnya juga jika aku merasa sombong dengan diriku tanpa sadar bahwa semua dalam diriku bisa kapan saja rusak atau hilang seperti gigiku. Semua apa yang aku miliki semua hanya karena kemurahan Tuhan. Terpujilah Tuhan

Comments