PENDAPATAN 4X LIPAT DARI GAJI RP 7 JUTA

Beberapa minggu ini, aku dan keluargaku sering menggunakan angkutan umum online karena ada beberapa aktivitas yang diikuti mulai dari temu alumni persekutuanku, lalu aku bimbingan tesis dengan dosen pembimbing yang berbeda kampus serta menjenguk mamaku yang sedang opname di rumah sakit. Beberapa kali kami menggunakannya dengan biaya murah bahkan gratis karena ada promosi.

Kesempatan yang cukup sering itu memberikan kesempatan juga aku untuk ngobrol driver angkutan umum online tersebut. Driver-driver tersebut mayoritas melakukan pekerjaan full time di angkutan umum online tersebut, bukan sekedar hanya mengisi waktu senggang di luar waktu kerja mereka.
Ada beberapa yang dulunya wirausaha namun karena tidak menghasilkan keuntungan yang besar maka mereka banting stir. Ada juga yang sebelumnya kerja di pabrik, namun karena dilakukan pemutihan, maka dia beralih jadi driver angkutan umum online.  

Yang menarik adalah mereka semua mendapatkan yang jauh lebih besar dibandingkan pekerjaan sebelumnya. Bahkan ada yang pendapatannya naik 4x lipat dari gaji terakhirnya Rp 7 juta per bulan sebagai karyawan IT di perusahaan swasta terkenal di Indonesia. Bahkan dia sekarang bisa mengajak orang lain menjadi bagian dari grup dia dan menawarkan bonus yang menggiurkan bagi mereka.
Melihat fenomena angkutan umum berbasis aplikasi online ini yang booming di Indonesia, aku melihat bahwa ha-hal yang mungkin dianggap bukan sebagai hal yang penting bagi seseorang atau bukan hal yang bisa disebut sebagai kelebihan sebenarnya bisa menjadi hal yang sangat penting, yang menjadi kelebihan yang berdampak positif yang signifikan bukan hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi orang lain.

Coba lihat bagaimana seorang driver melihat pentingnya sekarang menggunakan handphone yang sebelumnya bisa jadi adalah hal yang paling tidak disukai karena gaptek. Mau ga mau mereka harus terbiasa dengan handphone yang menurut mereka canggih serta mengharuskan mereka belajar tentang aplikasinya. Secara tidak langsung akhirnya selain karena pekerjaan, mereka bisa juga mengenal aplikasi lain yang memberikan dampak positif di luar pekerjaan mereka sendiri terutama untuk komunikasi seperti Whatsapp, LINE dan lain-lain.

Tetapi ada hal lain lagi seperti pengetahuan akan jalan serta juga kemampuan untuk mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat. Sesuatu yang mungkin sepertinya terlalu biasa atau tidak menjadi kelebihan namun akhirnya bisa memberikan keuntungan yang besar ketika bekerja di perusahaan angkutan umum online sekarang.

BERSYUKUR VS MENGELUH

Jadi, segala hal yang aku miliki dalam bentuk ketrampilan, keahlian maupun barang sebenarnya tidak boleh aku anggap sebelah mata alias menyepelekannya bahkan merasa menyesal memilikinya. Karena dalam waktu anugerah Allah, segala hal yang aku miliki tersebut bisa memberikan kontribusi yang signifikan bagi diriku maupun orang lain. Aku ditegur untuk lebih menghargai Allah sang pemberi segala hal yang aku miliki sekarang. Aku ditegur untuk lebih melihat segala sesuatu dengan lebih bersyukur bukan mengeluh karena segala sesuatu yang aku tidak miliki. Terima kasih Tuhan untuk teguranmu.

Comments