THIS IS HIS SEPTEMBER

Tahun 2015 ini, 7 September, usiaku 33 tahun. Biasanya, sudah menjadi tradisi bahwa setiap ulang tahun, selalu ditanya pokok doa yang mau didukung. Pokok doa umum yang sering kudengar adalah kesehatan, pendidikan/kuliah diri sendiri serta keluarga. Kalau yang jomblo pasti pokok doa lainnya adalah pasangan hidup. :D

PETUGAS PLN
Di ulang tahunku kali ini, aku melihat kembali selama 1 tahun kehidupanku, aku melihatnya sebagai masa penuh ucapan syukur. Aku bersyukur karena Juan, anakku terus bertumbuh normal, sehat dan cerdas. Bukan untuk menyombongkan diri, tetapi malah minta dukungan doa. Juan, yang umurnya sekarang ketika aku menulis artikel ini berusia 1,5 tahun, sangat cepat memahami dan meniru segala tingkah laku kami. Jika kami bilang berdoa, maka dia akan langsung lipat tangan berdoa juga walau tidak tahan lama, sehingga sebelum kami amin dia sudah bergerak ke sana ke mari :D . Ketika aku pulang dari tempat kerja, dia akan segera masuk ke kamar ganti bersama aku dan memberikan kepadaku baju dan celana rumahku agar aku segera ganti pakaian. Belum lagi sekarang dia sudah bisa mematikan lampu rumah sendiri sehingga kami sebut dia “Petugas PLN”… Kemudian dia juga sangat peka dengan musik dan lagu. Jika ada suara music atau lagu yang dinyanyikan, maka dia akan segera perhatikan. Bahkan dia suka sekali bergoyang sambil menghidupkan sendiri keyboard miliknya.

Terkadang ketika aku pulang, dia langsung segera menuntunku dengan mendorong aku lalu memegang tanganku ke tempat aku menyimpan gitar. Dan ketika aku sudah mengambil gitar, dia sudah menunggu di tempat di mana kami biasa bermain gitar bersama dan dia tidak mau lagi aku yang memainkan gitar, tetapi dia akan rebut, pegang sendiri dan petik sendiri dengan posisi gitarnya berdiri. Hahaha….dia tidak mau sama sekali dibantu olehku untuk memegang gitar. Dia akan tolak tanganku ketika aku mencoba memegang gitar itu…

Perkembangannya yang luar biasa menjadi ucapan syukur yang luar biasa bagiku tetapi seperti yang aku bilang, aku dan Oce butuh dukungan doa agar bisa memberikan teladan yang baik yang dia tiru dan juga benar-benar disertai hikmat Tuhan agar bisa mendidik dia menjadi pribadi yang mengenal Tuhan secara pribadi dan melayani Dia dengan talenta dan karakternya. Tidak mudah dan membuat kami terus bawa dalam doa karena kami punya banyak kelemahan dan keterbatasan. Kami memiliki anugerah yang juga bergandengan tangan dengan tanggung jawab.

GELAS KOSONG
Selain itu, yang menjadi ucapan syukurku yang juga aku sudah ceritakan di tulisanku sebelumnya berjudul GELAS KOSONG, aku bisa kuliah Magister Manajemen mulai Maret 2015 dan bisa melewati Semester 1 dengan campur tangan Tuhan. Setelah 15 tahun lalu kuliah tatap muka, memang butuh penyesuaian dalam banyak hal ketika memulai kuliah lagi. Apalagi aku kuliah dengan situasi aku sudah berkeluarga, bukan hanya sudah beristri tetapi juga sudah memiliki anak. Memang butuh banyak perjuangan beradaptasi mencari ritme yang tepat sehingga segalanya, termasuk dalam pekerjaan aku tetap bisa lakukan dengan maksimal. Puji Tuhan semua mata kuliah semester 1 lulus semua.

Selain itu, di artikel GELAS KOSONG, aku juga menceritakan bahwa bulan Juli 2015 aku resmi menjadi karyawan tetap di tempat kerjaku. Tempat kerjaku sekarang adalah tempat kerja paling lama dibandingkan dengan tempat kerja –tempat kerjaku sebelumnya. Aku  sadar bahwa tidak ada yang sempurna termasuk di tempat kerjaku. Namun, aku belajar banyak hal selama aku bekerja di tempat kerjaku sekarang lewat pengalaman pahit manis serta lewat interaksi dengan rekan-rekan kerjaku terutama di departemenku. Mereka pribadi-pribadi yang luar biasa. bahkan dalam waktu yang belum terlalu lama, aku belajar dari cerita dua orang rekan kerjaku yang aku juga bagikan lewat tulisan berjudul SUDAH PAKETNYA PAK. Aku sangat bersyukur karena bisa mengenal mereka, selain bersyukur karena bisa bekerja di sana.

JADILAH KEHENDAKMU
Ucapan syukur-ucapan syukur di atas kupanjatkan dalam kesadaran bahwa hidupku tetap dipenuhi warna-warni tantangan yang diijinkan Tuhan. Mengeluh adalah satu pilihan yang bisa aku ambil karena tantangan-tantangan hidupku belum selesai dan aku sendiri tidak tahu kapan selesai. Tetapi dalam segala warna-warninya, aku pun mengucap syukur untuk semuanya itu. Mengapa? Karena lewat segala tantangan itu, aku bisa lebih jelas lagi memahami tentang diriku, tentang orang lain dan terutama tentang Allah dengan segala karakternya serta segala rencana-Nya dalam hidupku.

Momen di mana aku merefleksikan setiap tantangan hidupku membuat aku tertunduk memuji Tuhan karena ada banyak pelajaran-pelajaran penting yang Dia berikan lewat setiap tantangan tersebut. Aku mendapatkan banyak pencerahan bukan karena kehidupanku hanya satu warna tanpa tantangan, tetapi sebaliknya ketika penuh warna-warni tantangan sampai hari aku menulis artikel ini.

Jika aku hitung-hitungan dengan Tuhan, maka aku bisa membuat daftar panjang segala kebutuhan dan keinginanku yang aku rindukan Dia penuhi segera. Dari sisi dunia, maka jika segala kebutuhan dan keinginanku tersebut terpenuhi, maka aku disebut orang yang berbahagia.

Namun, di ulang tahunku kali ini aku hanya memiliki satu pokok doa, yaitu TAAT. Tolong doakan agar aku bisa taat pada kehendak-Nya dalam hidupku setiap hari dan untuk masa depan. Aku tidak mau memberikan daftar panjang kebutuhan dan keinginanku kepada-Nya, tetapi aku membuka hatiku, merendahkan diri di hadapan-Nya, berlutut berdoa dengan mengatakan “JADILAH KEHENDAKMU, TUHAN”. Apapun kehendak-Nya, aku rindu aku mengerti dan taat. Aku percaya Dia memiliki rencana yang indah dalam hidupku yang memberik damai sejahtera sejati dan bahagia sejati jauh melebihi rasa bahagia jika daftar panjang kebutuhan dan keinginanku terpenuhi

THIS IS ANFIELD
THIS IS ANFIELD. Sebuah kalimat yang tercantum di lorong masuk ke lapangan dari ruang ganti pemain di Stadion Sepakbola Liverpool, Inggris. Sebuah kalimat yang diharapkan memberikan motivasi ekstra kepada setiap pemain Liverpool yang akan bertanding sekali juga berbau provokasi untuk tim lawan agar gentar ketika melawan tim Liverpool.


This is HIS September  bukan untuk memprovokasi setiap orang yang berelasi dengan diriku atau sebuah kalimat yang menyombongkan diri serta menuntut apresiasi dari orang lain. This is HIS September lebih pada satu kerinduan, satu motivasi bahwa September ini aku lebih lagi taat pada kehendakNya. September hingga bulan-bulan berikutnya satu-satunya kerinduanku selalu melakukan kehendak-Nya. This is HIS MONTH, this is HIS YEAR bahkan kurindukan this is HIS DAY, this is HIS WEEK. Tolong dukung aku dalam doa karena aku banyak kelemahan dan keterbatasan.

Comments