SELAMAT ULANG TAHUN ke-20 GKY VTI!

Tanggal 21 Desember 2014 GKY VTI merayakan ulang tahunnya yang ke-20! Wow. Aku sungguh bersyukur karena bisa menjadi bagian dari perayaan ulang tahun ke-20 gereja ini. Sebenarnya aku tidak menyangka masih ada di GKY VTI sampai hari ini. Mengapa?

2005 - 2009
Tahun 2005 papaku diangkat menjadi gembala di gereja ini. Tahun itu, tepatnya bulan Oktober aku diwisuda dengan gelar Sarjana Ekonomi. Setelah selesai kuliah aku memutuskan untuk melayani di persekutuan JOY, komunitas tempat aku selama ini dibentuk dan bertumbuh dalam banyak hal terutama dalam hal kepemimpinan, tanggung jawab dan relasi dengan Tuhan.

Karena aku masih di Jogja, jadi aku hanya sesekali saja pulang ke tangerang ketika libur panjang seperti Natal atau Lebaran. Hal ini membuatku tidak terlalu kenal banyak anggota jemaat GKY VTI. Biasanya aku bergaul dengan pemuda-pemuda terutama cowok-cowok ketika main futsal. Mereka sekarang mayoritas sudah berkeluarga.

Cerita lain, di masa awal-awal itu aku sering mendengar sharing papa mamaku pelayanan di gereja ini mayoritas tentang adanya konflik di antara jemaat serta adanya tekanan beberapa jemaat terhadap hamba Tuhan agar bisa mereka mengendalikan gereja dan dipilih menjadi pemimpin-pemimpin gereja dalam hal ini sebagai anggota Badan Pengurus Bakal Jemaat (BPBJ) yang lebih sering dikenal dengan istilah Majelis.

Namun, karena kasih karunia campur tangan Tuhan, dalam waktuNya gereja ini mengalami perubahan positif yang signifikan. Yang paling penting adalah perubahan cara pandang yang akhirnya mengubah budaya di gereja ini. Mayoritas Jemaat semakin memahami gaya hidup yang Tuhan Yesus ajarkan dalam relasi antar jemaat, relasi dengan lingkungan serta terutama di antara anggota keluarga. Sikap dalam pelayanan seperti hal tepat waktu, persiapan matang serta keseriusan dan motivasi ketika melayani semakin dipahami dan diaplikasikan oleh jemaat. Selain itu, pemilihan anggota BPBJ yang tidak lagi oleh Gembala tetapi oleh jemaat sendiri walaupun papaku punya hak itu sesuai peraturan sinode gerejaku.

Perubahan yang paling dilihat adalah status GKY VTI yang ketika papaku datang menjadi gembala masih sebagai Pos PI berubah menjadi Bakal Jemaat serta tahun depan jika Tuhan menghendaki menjadi Jemaat mandiri. Semua hanya karena campur tangan kuasa Tuhan.

2009 - 2014

Cerita di periode ini lebih bisa aku jelaskan dengan detail karena aku sudah menetap di Tangerang. Aku tidak melanjutkan pelayanan di Jogja dan mencari pekerjaan di Tangerang dengan tinggal bersama orangtuaku.

Sebagai orang baru, aku butuh waktu untuk menyesuaikan diri serta akrab dengan jemaat terutama dengan pemuda-pemudi. Lambat laun, aku semakin aktif pelayanan terutama di Komisi Pemuda selain melayani sebagai operator multimedia serta liturgis Kebaktian Umum. Aku juga diberikan anugerah rutin sharing firman Tuhan di Komisi Remaja 1 (SMP).

Yang paling memberkati dan menjadi ucapan syukur tentu melihat karya Allah di komisi Pemuda GKY VTI. Aku menjadi bagian dari "revolusi mental" pemuda-pemudi gereja ini. Dari yang ibadah sebagai rutinitas menjadi sebuah gerakan perubahan yang terus bertumbuh dan inovatif sehingga semakin banyak jumlah pemuda yang aktif bukan sekedar datang. Tentu tidak bisa dilupakan bagaimana dengan adanya pemahaman rencana Allah yang sesungguhnya dalam hidup masing-masing pemuda, beberapa di antaranya menerima panggilan Allah melayaniNya full time dan saat ini dibentuk dalam sekolah teologia. Puji Tuhan!

2015 ke depan
Aku yakin di tahun yang baru nanti Allah tidak berhenti bekerja berkarya dalam gereja ini. Orang datang dan pergi tetapi Allah tetap berkarya dengan caraNya yang jauh melampaui akal pikiranku. DALAM KRISTUS SELALU ADA HARAPAN.

Allah melayakkan gereja ini menjadi wadah persekutuan yang mengubah banyak orang menjadi pribadi yang mengenal Tuhan dan bertumbuh dalam relasinya dengan Tuhan.

Aku bisa menceritakan apa yang aku lihat, dengar dan alami sendiri tetapi anggota jemaat lain mungkin ada cerita tersendiri yang semakin menambahkan satu sukacita dan ucapan syukur di ulang tahun ke-20 ini. SELAMAT ULANG TAHUN GKY VYI!!!

Comments