KETIKA KAMI BERSAMA

Apa sih yang menarik dari outing sehingga aku perlu menceritakannya lewat tulisan? Jika yang sudah pernah mengalami outing, maka bisa memahami ada kepuasan tersendiri selama dan setelah pulang dari outing. Tentu dengan catatan outing yang diadakan berjalan sukses.

Kali ini aku mengikuti outing departemenku, General Operations Department nama kerennya. Departemen ini terdiri dari bagian Library, Information Technology dan Academic Operations. Terdapat 22 orang yang mengikuti acara ini. Kami mengadakannya di Lembang, Bandung Jawa Barat pada tanggal 16-17 Oktober 2014.

Sebelum kami sampai di penginapan, kami mampir makan siang di Floating Market. Baru pertama kali aku ke sana. Untuk membeli makanan harus menukarkan uang dengan koin khusus. Desain tempat ini unik karena setiap “warung” berjualan di perahu kecil sesuai namanya Pasar Terapung. Setelah itu kami mampir di De Ranch yang merupakan tempat wisata bernuansa peternakan kuda. Tidak lama kami akhirnya ke tempat kami menginap bernama Sandalwood Botique Hotel yang lokasinya tidak jauh dari De Ranch. Sebuat hotel yang sederhana dan nyaman yang memang sesuai slogannya, Feels Like Home. Terasa seperti di rumah.
Acara ini sangat spesial bagiku karena selama ini kami memang bekerja di satu departemen tetapi karena kesibukan masing-masing dan juga ruangan yang terpisah-pisah, kami tidak merasa dekat satu sama lain. Memang pengertian dekat ini dalam arti bahwa ada satu relasi yang lebih erat bukan sekedar formalitas saja. Dari 22 orang, hanya 4 orang saja yang “senior” alias pernah ikut outing departemen kami sebelumnya. Wow. Pasti bisa menyadari bahwa kualitas relasi di antara kami mengalami perubahan besar karena outing ini. Mengapa?


Yang pertama dan kedua adalah tempat menginap yang nyaman dan suasana yang tidak terlalu kaku serta acara yang fleksibel. Tetapi faktor yang paling berdampak adalah kami memiliki waktu bersama-sama tanpa harus memikirkan pekerjaan. Berada dalam satu bis adalah awal yang baik karena kami mau tidak mau harus berinteraksi bersama. Kebersamaan itu semakin erat karena panitia mengadakan beberapa permainan. Kebersamaan tersebut muncul bukan karena permainannya semata tetapi hal-hal gila yang dilakukan setiap dari kami selama permainan sehingga panitia sangat kewalahan. Aksi-aksi gila tersebut “menghancurkan” rasa malu-malu, rasa sungkan yang ada di antara kami. Bersyukur bisa mengenal orang-orang gila seperti Zack atau Ewin…..haha..haha… dan bersyukur banyak yang jadi korban atau ikut-ikut jadi gila. Selain acara dari panitia, sebelum tidur banyak dari kami mengadakan permainan sendiri tanpa lupa untuk mendokumentasikannya dengan kamera masing-masing. Kegilaanpun makin menjadi. Foto-foto yang dihasilkan sedemikian banyaknya bisa membuat setiap orang yang melihat tahu bahwa ada momen outing tersebut adalah momen yang sangat dinikmati oleh kami semua. Well, ada satu energi baru yang didapatkan lewat acara ini. Aku sangat bersyukur bisa mengikutinya. @godlifjoy (20 Okt 2014)

Comments