KUTINGGALKAN JANUARIKU

Januari dimulai dengan sebuah masa peralihan kantor pusat tempat aku bekerja. Masih dengan berbagai kebutuhan-kebutuhan kecil masing-masing departemen yang harus dipenuhi oleh departemenku, GENERAL AFFAIR.

Setelah tepat Desember 2011 lalu 2 tahun aku bekerja sebagai  staf GA Dept., aku semakin sadar ciri khas bekerja di bagian umum (istilah lain yang lazim untuk GA Dept.) adalah MELAYANI. Melayani bukan satu sisi saja atau satu departemen..tapi SEMUA..Semua bagian yang ada di Perusahaan mendapatkan pelayanan dari GA..makanya disebut bagian UMUM bukan KHUSUS.

Terdapat beberapa perubahaan di departemenku. Yang paling signifikan adalah adanya perubahan Direktur yang membawahi departemen ini. Pertengahan Januari secara resmi dipindahtangankan. Namun, baru awal Februari kami mengadakan pertemuan pertama kali dengan Direktur yang ditunjuk membawahi kami.

SBS (SOLUSI BUKAN SINDIRAN)

Sebuah pertemuan yang luar biasa. Aku suka direktur ini karena dia minta kami untuk mengungkapkan segala hal yang menurut kami para staf masih perlu dirubah atau diperbaiki atau ditingkatkan. Yang menjadi berkat bagiku adalah dia memberikan informasi bahwa “saya akan membantu anda dengan memberikan SOLUSI, bukan hanya menganaiisa masalah saja.” DUKUNGAN adalah HAL PENTING BAGI ORANG LAIN. Ketika mengetahui ada hal yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan, bukan memberikan sindiran atau kritik namun memberikan solusi untuk mendukung mereka.

VILLA BUKIT PINUS

Januari juga merupakan sebuah kelanjutan dari proses persiapan panitia retreat pengurus Komisi Pemuda gerejaku se-Indonesia. Sebuah tantangan yang jujur cukup memberiku sedikit kurang percaya diri karena merasa tidak mempunya kemampuan seperti teman-teman lain dengan segala pengalaman mereka yang luas.

Namun, kesempatan survei ke tempat retreat adalah kesempatan untuk membuatku bisa semakin mengenal mereka dan semakin merasakan keakbran di antara kami. Aku bisa melihat bahwa teman-teman memiliki semangat yang luar biasa dalam melayani. Mereka tidak perlu harus dari dasar diarahkan. Semua memiliki inisiatif dan ide-ide yang luar biasa. Tim acara, transportasi dan perlengkapan survei ke tempat retreat di Villa Bukit Pinus. Dalam perjalanan segala canda tawa menghiasi diskusi-diskusi tentang masing-masing persiapan.

BENANG MERAH

Sebuah perbedaan selalu akan menjadi sebuah sinergi ketika ada “benang merah” di hati masing-masing pribadi. Bagiku “benang merah” nya adalah TUJUAN yang SAMA: melayani Tuhan dengan mendukung pengurus Kape bisa mendapatkan event yang memberkati dan membekali pelayanan mereka di Kape sehingga mereka punya semangat luar biasa.

Akupun berharap di Kape GKY VTI mengalami hal tersebut. Persekutuan yang sedang bertumbuh ini memiliki “benang merah” MEMILIKI SEMANGAT BELAJAR .. Dan proses belajar tidak akan menjadi seperti membalikkan telapak tangan yang bisa dilakukan dengan cepat. Namanya juga proses…ada waktu yang tidak singkat. Proses itu juga selalu terdiri dari dua sisi, sisi enak dan sisi “tidak enak”nya.. maksudnya tidak akan selalu mulus-mulus saja tanpa ada hambatan. Selalu ada tantangan. Dari tantangan tersebutlah diketahui dan dipelajari hal-hal yang perlu disampaikan.

KAPE dengan WARNA WARNI “EL”nya

Aku sangat menikmati proses yang terjadi di Kape. Salah satu yang luar biasa bagiku secara pribadi adalah kalimat-kalimat yang diposting oleh teman-teman kape di halaman group kape gky vti di Facebook. Kalimat-kalimat tersebut muncul setelah kotak-kotak Encouragement Letter (EL) dibagikan. Masing-masing teman-teman mendapatkannya. Isinya adalah EL dari semua teman-teman kape lainnya. Kalimat –kalimat yang diposting di FB menandakan adanya kesegaran baru yang mereka rasakan dari Kape. Adanya dukungan yang sangat berarti bagi tiap orang lewat selembar kertas. DUKUNGAN sekali lagi sangatlah memberi pengaruh bagi orang. Namun dukungan hanya bisa diberikan jika orang yang mau didukung mau mengambil keputusan BERELASI dan BELAJAR TERBUKA dengna orang lain, dalam konteks ini di lingkungan Kape GKY VTI.  Tanpa ada keterbukaan dan kemauan untuk berelasi, maka akan sangat sulit bisa memberikan dukungan yang tepat dan maksmal. Wow!!! Bagiku ini hal yang sangat memberkatiku.

BALI!!!

Januari  juga aku mendapatkan berkat yang tidak terduga.  Aku baru sadar, sebuah berkat itu tidak perlu ditambahkan kata-kata LUAR BIASA karena BERKAT PASTI LUAR BIASA…

Anyway, berkat yang kuterima itu adalah diberikan hadiah ke BALI selama 4 hari 3 malam. Hadiah itu termasuk tiket GARUDA (maskapai yang…. –isi sendiri) pergi pulang gratis, tidur di hotel ASTON gratis…., tour keliling tempat pariwisata di Bali gratis bersama makan pagi sampai malamnya…serta…uang saku wow… amazing…

Aku bersyukur karena aku bisa diberikan hadiah ini. Ini bermula dari pindahan kantor pusat perusahaanku (bisa baca note-ku sebelumnya: KETIKA TUHAN KEHILANGAN JAM TANGAN-NYA). Departemenku adalah salah satu departemen paling sibuk selain Departemen IT. Nah, aku , satu orang seniorku dan kepala Departemenku diberikan penghargaan tersebut.

Aku sangat sangat memuji Tuhan karena aku bisa mendapatkan kesempatan yang tidak aku pernah pikirkan dan kesempatan tersebut membuat aku bisa memiliki waktu untuk beristirahat sejenak setelah segala hal yang cukup padat dan penuh tantangan yang kuhadapi dalam pekerjaanku dan aktivitasku di gereja.

Bali!!! I’m Coming…!!! Itu “tagline” ku beberapa hari ini. (AMAZING)

Sebenarnya aku sudah pernah naik pesawat Garuda. Tapi, itu sudah terjadi beberapa puluh tahun yang lalu..hahaha…pengganti Garuda adalah maskapai penerbangan low cost seperti Lion atau Sriwijaya.. Low cost pastilah identik dengan low service.

Nah itu dia, karena sudah lama sekali tidak naik GARUDA, maka jadilah segala hal yang ada di dalam pesawat GARUDA sesuatu yang membuatku hanya bisa berkata: “wah!!!”…”wah!!!”…”wah!!!” karena tidak pernah kutemukan di maskapai penerbangan langgananku.

Mulai dari masuk pintu pesawat tersedia salah satu koran favoritku, TOPSKOR, GRATISS.!!!... lalu duduk mendapatkan permen. Setelah tinggal landas ditanya mau makan apa? Ada pastel atau… ikan..aku jawab paste. Eh, selain pastel ada makanan lain termasuk buah dan juga kopi..ckckckck… #udik.com

Belum selesai sampai di situ. Yang paling membuatku excited adalah fasilitas TV  yang ditaruh di belakang kursi barisan di depanku. Aku bisa pilih nonton FILM!!!.. selain film ada menu lainnya, tapi yang keren adalah ada informasi waktu sekarang, waktu BALI, estimasi jarak tempuh, lalu ada tampilan virtual pesawat dengan pulau Indonesia … termasuk ketika memutar saat tinggal landas, tampilan tersebut mutar juga…hahahaha..#udik.com…

Wow..wow… pengalaman yang membuatku berpikir semua ini adalah AMAZING!!!...

MNIM = KECEWA + TIDAK HORMAT

Kutinggalkan januariku dengan melihat cara Allah yang selalu tidak pernah INSTAN memberikan pelajaran berharga bagi diriku.

Kesempatan untuk belajar bergantung padaNya ketika memimpin panitia retreat. Kesempatan mendapatkan berkat yang luar biasa untuk ke Bali gratis dengan naik pesawat GARUDA dan nginap di Hotel Aston yang prestisius. Kesempatan melihat sukacita teman-teman Kape karena dampak dari “EL”…

Di awal Februari, papaku khotbah dan ada satu kalimat yang sangat mengena bagi diriku sendiri, yaitu PENGENALAN  YANG MINIM TENTANG ALLAH AKAN MEMBUAT KITA MUDAH KECEWA PADA-NYA DAN TIDAK MENGHORMATINYA.

Allah memberikan sebuah pengalaman di Januari yang membuatku lebih mengenal karakter Allah dan segala kasih setia, berkat dan sukacita yang dia berikan padaku. Aku ingin lebih lagi mengenal Allahku sehingga aku tidak mudah kecewa dan lebih menghormati-Nya sebagai pemilih hidupku.

Lalu, beberapa hari lalu, teks firman Tuhan yang menjadi saat teduhku diambil dari Mazmur 100. Di teks tersebut membawa aku merenungkan begitu besar dan setianya Tuhan memberikan yang baik dalam hidupku

Terima kasih Tuhan untuk Januari yang indah yang kutinggalkan. Terima kasih Tuhan…terima kasih….

 

Comments