MENJADI LEBIH MANUSIA

Sudah 2,5 bulan tidak lagi hidup dalam lingkungan JOY. Banyak hal yang telah terjadi dalam kehidupanku. Semuanya membuat aku tidak bisa menyombongkan diri dan bertekuk lutut pada kekuatan penyertaan Tuhan dalam menghadapi kehidupan ini. Semuanya membuat aku belajar bahwa hidup ini pada akhirnya tidak akan menjadi sesuatu yang membuat diriku puas kecuali aku bisa mengenal siapa diriku di hadapan Tuhan.Aku bisa belajar memahami berbagai macam orang-orang yang ada di sekitarku setelah aku tidak berada dekat dengan mereka. Aku bisa melihat siapa sesungguhnya sahabat dan siapa yang sebenarnya hanya membangun relasi karena sebuah status. Siapa yang sesungguhnya menerima aku apa adanya dan siapa yang menerima aku ada apanya. Semua ini selalu akan menjadi perdebatan karena setiap orang memiliki prinsip dalam membangun relasi. 
Tetapi pada akhirnya aku sadar akan mengasihi tidak selalu sependapat. Tetap kasih perlu dibagikan kepada orang-orang yang tidak sependapat denganku. Biarlah Tuhan yang menerangi hati kita semua untuk mengerti kehendakNya. 

Aku semakin memahami orang yang menganggur karena sedang berjuang mencari kerja setelah aku juga menjadi pengangguran. Terlepas dari banyaknya faktor yang memengaruhi seseorang yang menganggur, aku tetap bisa melihat DUNIA LAIN. Dunia yang tidak ada secara langsung menyentuh spiritualitas. Aku tidak tahu apa lagi yang ada di dunia lain, tetapi aku ingin terus menikmati pengalaman ini. Menjadi lebih manusia karena masuk ke dunia yang sesungguhnya dan berinteraksi dengan banyak orang.



Comments