LOWONGAN PEKERJAAN

Setiap sabtu aku selalu aku membeli koran lokal Yogyakarta untuk mencari lowongan pekerjaan. memang setiap Sabtu, selalu penuh dengan iklan lowongan pekerjaan. aku menemukan lowongan yang menurutku cocok dengan kepribadianku. aku kirim lamaran dan CV ke alamat yang disediakan.

ternyata, beberapa hari kemudian aku dikirim sms memberitahukan tentang panggilan wawancara. aku senang banget. aku bergegas mencari kantor perusahaan yang memang aku belum tahu bergerak di bidang apa.

aku mulai kurang sreg dengan kantornya yang tidak menyakinkan. tetapi dalam hatiku aku tetap mau masuk wawancara untuk mencari pengalaman. mbak yang mewancara aku kelihatan sekali bukan staf HRD berpengalaman. dia banyak membaca catatan dan kaku serta gugup. aku sudah mulai curiga. oh ya, sebelum itu aku juga harus membayar Rp 15.000 untuk wawancara itu. agak aneh sih karena aku dengar tidak pernah wawancara meminta pungutan.

ternyata, setelah wawancara aku diharuskan untuk menjual satu paket produk perusahaan tersebut jika mau lulus. harga satu paket hampir Rp 400.000. aku disarankan beli aja untuk diri sendiri dan orang-orang terdekat supaya cepat langsung diterima kerja. aku bilang aku tidak punya uang sekarang. dia bilang, oke bisa diberi waktu seminggu untuk tes akhir ini. aku semakin aneh. apakah ada tes pekerjaan diberi jangka waktu.

akhirnya aku sadar, iklan di koran tersebut ternyata hanya akal-akalan untuk menjual produk. nama-namanya bagian HRDnya memang beda, tetapi kata-katanya sangat mirip. mereka berada di satu perusahaan tersebut. dan posisi yang ditawarkan tetap tidak sesuai dengan pikiranku...

wah, senang juga mendapat pengalaman ini. semakin tahu dunia sesungguhnya..he..he...

Comments