INI SERIUS

Allah tidak main-main
 
Bulan lalu dalam surat doaku aku membagikan pergumulan kebutuhan transportasi yang cukup mendesak di Timoho. Saat itu kami masih membutuhkan Rp 350.000 lagi untuk uang muka kredit motor.
Suatu hari seorang alumni mengirim sms ke diriku dan mau mendukung dengan cara melakukan lobi ke kepala cabang perusahaan kredit motor Honda untuk memberikan diskon kredit atau ada kemungkinan dengan dana social perusahaan mereka, bisa dapat motor gratis.
Sms ini membuatku merinding bahwa Allah tidak main-main dalam sebuah rencana besarNya. Memang bukan berarti bukti dari Allah tidak main-main selalu dengan dipenuhinya doa kita, tetapi aku belajar bahwa Allah SERIUS PADA MAHASISWA, SERIUS PADA TIMOHO, SERIUS PADA INDONESIA TENGAH DAN TIMUR. Dia seolah ingin mengatakan kepadaku, “Godlif, aku tidak main-main dengan anak muda di Yogya, Aku sungguh rindu mereka mengenalKu, berubah menjadi lebih baik, dan memiliki masa depan yang cerah”, AKU HARUS LEBIH PERCAYA ALLAH SETELAH BANYAK PENGALAMAN IMAN BERSAMANYA,
Bersyukur karena dukungan alumni dan juga keluargaku yang tidak berhenti hingga saat ini. Selain sms itu, ada alumni dan keluargaku mendukung untuk uang muka kredit motor, sehingga sekarang sudah terkumpul Rp 1 juta. Aku sekarang tinggal menungu konfirmasi dari Allah.
Menjadi manusia pembelajar layak dilakukan olehku, tidak berhenti belajar, mengembangkan kapasitas, menghadapi tantangan bukan dengan mental memilih-milih berat ringannya tantangan tersebut sehingga aku berani bertemu muka dengan Allah dan berkata, “aku juga tidak mau main-main dengan Engkau ya Allah. Rasa malas, rasa nyaman tidak menjadi favoritku. Aku serius dalam segala tanggung jawabku.”
 
KEDEWASAAN
 
“para psikolog mendefinisikan kedewasaan sebagai kemampuan untuk melepaskan kepuasan jangka pendek demi sasaran-sasaran jangka panjang”
 
Fruitful Relationship
 
Secara khusus bulan ini JOY Timoho dalam garis besar tema UNLIMITED GROWTH satu semester ini mengharapkan RELASI YANG BERBUAH dalam kehidupan setiap anggota keluarga JOY Timoho. Maksudnya kami merindukan ada relasi yang berbuah bukan hanya keaktifan di cell group, tetapi mereka juga mau mengembangkan diri dengan terlibat dalam ministri dan juga pelatihan. Namun, bukan berarti proses membangun relasi yang dalam dengan Allah dan anggota keluarga JOY Timoho lainnya berhenti. Insiatif, kemauan dan motivasi perlu ditingkatkan lagi untuk kedalaman relasi ini. Sayang sekali jika akhirnya JOY Timoho bubar karena tidak ada yang mau keluar dari zona kenyamanan untuk berinisiatif membangun relasi yang dalam.
 
 
Orang BERUBAH
 
Orang berubah ketika mereka
Cukup terluka sehingga harus berubah
Cukup belajar sehingga ingin berubah
Cukup mendapatkan sehingga dapat berubah
 (JOHN C. MAXWELL)
 
Agnes Monica hadir
 
Departemen Manajemen kedatangan satu lagi pekerja. Namanya Itho. Dia adalah lulusan UKDW jurusan Ekonomi. Saat ini statusnya adalah Volunteer, namun dia sedang dalam proses penerimaan calon staf. Sambil proses berjalan dia sudah terlebih dahulu terjun ke lapangan.
Itho adalah penggemar berat Agnes Monica. Dia tahu segalanya tentang Agnes dan dia memiliki suara yang hampir menyamai Agnes. Hanya sedikit sumbang. Tetapi kami sudah terbiasa sehingga kamipun merasa Agnes Monica hadir di kantor JOY apalagi di ruangan Departemen Manajemen.
Tolong doakan proses adaptasinya dan juga biar kami bisa menikmati setiap proses pengenalan satu sama lain. Sungguh aku bersyukur karena ada satu orang lagi yang berani mengambil keputusan melayani Tuhan di JOY. Tidak mudah mengambil keputusan ini, aku sudah mengalaminya. Tantangan terbesar adalah dari diri sendiri dan keluarga. Jika memang itu panggilan Allah atau komitmen pribadi sebagai bentuk ucapan syukur karena JOY sudah mengubah hidup seseorang, langkah selanjutnya adalah BERANI MEMUTUSKAN. Itho berani memutuskan satu langkah dalam hidupnya.
 
“kita suka melebih-lebihkan sebuah kesuksesan dan melupakan ada proses di balik kesuksesan itu. Setiap kesuksesan, setiap impian yang terpenuhi adalah karena kesetiaan pada prosesnya yang tidak selalu mudah” —John C. Maxwell
 
Kleting Kuning menunggu
 
Seminar Oikuemene yang rencananya dilakukan tanggal 15 November akhirnya harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan karena salah satu pembicaranya, Frater Vincent masuk rumah sakit karena cacar air. Tolong doakan kesembuhan Frater dan juga hikmat dalam menentukan waktu seminar yang baru.
Tanggal 22-23 November akan diadakan Timoho Members Weekend III yang akan di wisma KletingKuning Kaliurang. Tolong doakan persiapan panitia dan juga kebutuhan financial untuk acara ini.
TMW yang lalu sangat memberi pengaruh besar bagi pandangan teman-teman Timoho, begitu jugalah harapan kami pada TMW kali ini, ada perubahan cara pandang yang bisa melihat hidup itu sangat berharga jika mau keluar dari zona kenyamanan untuk mengembangkan diri. Tolong doakan agar tujuan ini bisa tercapai. Kami berharap teman-teman lebih punya relasi yang dalam satu sama lain dan juga mengerti mengapa ministri ada di JOY dan layak dipilih mereka untuk mengembangkan diri,
Bersyukur karena dukungan alumni dan keluargaku sudah ada Rp 400.000 untuk biaya sewa Wisma. Kami masih berdoa untuk biaya konsumsi dan transportasi yang memang cukup besar kerinduan kami ada 40 orang yang ikut.
Bagiku TMW ini adalah sebuah INVESTASI NILAI. Dengan biaya TMW sebesar itu kelak aku berharap hasilnya di masa depan mereka menjadi leader-leader bagi JOY, bagi keluarga yang mereka bentuk dan bagi Indonesia.
 
Dari Gejayan ke UKDW, dari Jogja ke Wisma Krakal Indah
 
Ketika jam 05.30 hari Minggu tanggal 26 Oktober aku berangkat gereja di GKI Gejayan, Alkitabku terjatuh dan tidak kutemukan. Aku sudah pasrah bercampur sedih karena Alkitab itu adalah hadiah dari teman homestayku ketika aku di Korea. Namun, hari Jumatnya, aku mendapatkan kembali Alkitabku, ada penjual gorengan yang menemukannya dan memberikannya kepada anak JOY! kok bisa ya dia ketemu anak JOY...dan ternyata dia ketemu anak JOY di daerah UKDW yang tidak kulewati ketika aku ke gereja. Aku sangat bersyukur bisa mendapatkan kembali Alkitabku.
Tanggal 26-29 para pekerja JOY mendapat kesempatan refreshing dengan menginap di dekat pantai, tepatnya di Wisma Krakal Indah yang strategis karena dekat pantai Baron, Drini, Sundak dan Krakal sendiri. Bersyukur karena event ini sangat memberiku kesegaran baru dan juga sukacita. bisa mengekspresikan kegilaan di tengah para pekerja, bisa mengenal mereka lebih dalam dan kebiasaan masing-masing, bisa melihat momen-momen special di antara pekerja, dan juga menikmati belajar berenang, memberanikan diri menyeberang ke batu karang, menyelesaikan membaca buku dan saat teduh di tempat yang tenang walau terbuka. Mmm...alam yang indah membuatku menyembah Allah yang besar, pelukis yang Agung, dan arsitek paling top yang kukenal.
 
November spesial
 
Satu tahun yang lalu, tepat di bulan November JOY Timoho melakukan multiiplikasi menjadi dua cell group,
Tahun ini pada bulan yang sama, di TMW tanggal 23 nanti kami akan multiplikasi lagi menjadi empat cell group.
Sungguh sangat special bulan November bagi JOY Timoho karena multiplikasi ini. Bagiku secara pribadi bersyukur bisa menjadi bagian dari pengalaman iman ini.
Rencananya CM Nedi dan CM Pak Camat (Yanto) masing-masing dimultiplikasi menjadi dua CM.
Yang perlu terus didukung dalam doa dan bentuk dukungan lainnya seperti sms atau telepon adalah yang akan memimpin empat CM yang baru ini adalah leader yang baru. Nedi dan Pak Camat sudah lulus dan mereka sudah layak naik level bukan sebagai leader lagi,
Karena itu kami memilih empat leader baru. Kami membutuhkan dukungan karena teman-teman yang diangkat menjadi leader tentu membutuhkan penyesuaian diri dengan tanggung jawab mereka yang baru. Tolong doakan agar mereka terus menjaga hati mereka untuk terbuka didukung lewat nasehat, mau terus belajar, dan tentu yang terutama mau terus menjaga hati untuk membangun relasi yang semakin dalam dengan Allah lewat quiet time dan doa.
Tolong doakan juga penyesuaian JOY Timoho dengan kondisi setelah multiplikasi. Hal-hal dasar seperti komitmen yang tetap terjaga, hati yang mau berjuang menjaga keutuhan cell group yang baru sebagai keluarga mereka, penyesuaian dengan relasi yang baru jdengan umlah anggota yang berbeda, regenerasi leader, serta hal-hal teknis seperti pengaturan tempat, waktu cell group, kebutuhan gitar, gelas dan piring serta pertemuan tim inti.
ALLAH DAN DIRIMULAH PENDUKUNG UTAMA JOY TIMOHO. Aku, tim inti JOY Timoho, anggota keluarga JOY Timoho tidak bisa bertumbuh tanpa dukungan setiap pribadi yang mengasihi kami.
 
 
Guideline
 Dua bulan lagi tahun 2008 berakhir. Waktunya untuk mempersiapkan diri untuk merencanakan tahun yang baru. Tolong doakan hikmat dalam menyusun perencanaan JOY secara keseluruhan, Departemen Manajemen, dan JOY Timoho dan diriku secara pribadi. Prinsipku adalah continous innovation. Tidak berhenti untuk berinovasi dengan tentu hikmat dari Allah, melihat apa yang masih bisa ditingkatkan, apa yang masih bisa dirubah, apa yang bisa ditinggalkan, apa yang bisa ditambahkan.
Tolong doakan aku tetap mengajar kursus komputer setiap Kamis, Jumat, dan Sabtu. Bersyukur karena kesempatan mengajar 102 dan juga calon staf membuatku sadar bahwa setiap pengalamanku sebagai anggota JOY, sebagai leader, sebagai calon staf dan staf sekarang, sebagai anggota keluarga, sahabat dan peran lainnya layak untuk “dikumpulkan” dan diolah menjadi sebuah konsep berupa “guideline” (petunjuk) yang bisa bermanfaat bagi orang lain yang kelak juga mengalami proses yang secara garis besar sama dengan diriku, seperti bahan 102 atau bahan pelatihan calon staf. Dengan begitu mereka bisa memiliki bekal yang lebih banyak untuk menghadapi tantangan. Bukan berarti aku lebih baik, tetapi aku sudah lebih dahulu mengalaminya.
Tolong doakan aku tanggal 16 November menjadi pembicara di Leaders Camp. Aku rindu bisa mendukung teman-teman mengalami rekonsiliasi diri sendiri yang membuat mereka bisa rekonsiliasi dengan orang lain dan diberi kekuatan baru dalam melayani sebagai leader.

Iblis tidak main-main
 
Selalu ada yang tidak suka dengan sebuah perubahan hidup kita yang berjuang bertumbuh dalam relasi kita dengan Allah. Ada banyak cara yang dilakukan Iblis agar aku, teman-teman Timoho, kita semua mengecewakanNya, tidak setia atau meninggalkan proses pertumbuhan kita.
Aku sadar Iblis juga tidak main-main dalam hal ini. Tetapi tantangan terbesar di JOY termasuk JOY Timoho adalah kekudusan dan profesionalitas.
Internet menjadi tempat favorit Iblis untuk tersenyum melihat anak muda jatuh dalam pornografi. Kebebasan karena jauh dari orangtua, lupa perjuangan orangtua dalam membiayai studi membuat banyak mahasiswa di Timoho yang tidak serius dalam studinya. Tidak masuk tepat waktu, tidak mengerjakan tugas dengan serius, tidak masuk kuliah karena begadang ngumpul dengan teman-teman, pacaran menjadi prioritas utama adalah sukacita Iblis.
TOLONG DUKUNG AKU DALAM DOA, BERPERANG DALAM ROH AGAR SETIAP ANGGOTA JOY TERMASUK TEMAN-TEMAN JOY TIMOHO BERADA DALAM KEMENANGAN DALAM HAL KEKUDUSAN DAN PROFESIONALITAS.
Tantangannya adalah apakah setiap anggota JOY mau terbuka. Bagaimana mau didukung jika tidak mau terbuka. Kadang gengsi, rasa takut dilihat kelemahannya, takut ditolak, tidak mau mengungkit kepahitan atau masa lalu membuat hidup seseorang memakai topeng selama di JOY.

Comments