KASIH = APA ADANYA

Sejak bulan April, aku ikut pelatihan konseling di GKI Gejayan. Sungguh pelatihan yang memberkatiku. Setiap minggu ada kesimpulan yang baru yang bisa aku dapat. Setiap pulang dari pelatihan, aku sempatkan mengetik perenunganku untuk menyimpan apa yang aku dapatkan dan juga sambil refleksi tentang hidupku.
Satu hal yang dibuka melalui refleksi itu adalah tentang kasih. Aku secara tidak sadar sulit menerima berbagai bentuk kasih dari orang lain, bahkan dalam hal kecil seperti “hai Godlif, sudah sembuh?”. Bagiku dulu, hal itu adalah basa-basi. Ternyata melalui pelatihan konseling, yang bermasalah adalah diriku.
Tidak sadar dalam pemikiranku, kasih itu diberikan jika aku melakukan sesuatu buat orang lain atau aku mencapai prestasi tertentu yang membuat orang menghargaiku. Hal itu hinggap bertahun-tahun dalam diriku. Akhirnya aku sulit menerima orang yang mengungkapkan kasihnya tanpa aku tahu aku melakukan sesuatu untuk dia atau dia tahu apa yang aku perbuat yang bisa dianggap prestasi. Wow...
Ketika aku sadar hal ini, semua cara pandangku berbeda, aku menghargai setiap sms, kata-kata sapaan atau perhatian yang kudapatkan dari keluargaku, teman-teman JOY dan lainnya.
Sungguh pada akhirnya aku lebih menyadari Allah juga berbuat seperti itu padaku. Dia MENGASIHIKU APA ADANYA, tidak menunggu aku berbuat sesuatu untuk pekerjaannya ataupun ketika aku mencapai sesuatu hal yang membanggakan Dia.
Ketika konsep kasih hadir dalam diriku, aku bisa mendukung orang dengan cara yang lebih diterima oleh mereka, bukan dengan kata-kata atau perbuatan yang menyakitkan hati karena aku menunggu mereka berubah dulu baru muncul kasih tulusku.
Aku juga semakin bisa menerima karakter orang yang sangat berbeda dariku. Thanks God.

KESABARAN
Sepanjang bulan lalu dan aku yakin sepanjang pelayananku, KESABARAN adalah kata yang sangat harus aku ingat. Setiap teman-teman JOY memiliki hal-hal yang perlu didukung dalam dirinya dan hidup mereka.
Yang paling membuat diriku sedih dan kadang menangis adalah ketika mereka sudah mengetahui hal yang benar namun tetap belum sadar bahwa hal tersebutlah yang harus mereka terapkan dalam hidup mereka.
Ketika hati masih keras, ketika hati masih tertutup, ketika masih ada ketidakjujuran, aku kadang tidak sabar untuk langsung mendukung mereka dengan cara yang keras.
Memang kadang aku perlu tegas, tetapi aku tetap harus sabar untuk menanti perubahan hidup mereka yang mereka SADARI sendiri, bukan karena tuntutan dariku.
Kesabaran dan hikmat dalam mendukung mereka terus aku gumulkan dalam doa, karena Allah saja yang menjadi pemimpin hidup dan pemimpin pelayananku selamanya.

Jl. Munggur 44

Sangat luar biasa Allah! JOY sudah memiliki student center yang baru yang sangat indah. Letaknya di Jalan Munggu no. 44. Mungkin teman-teman tahu jalan satu arah di perempatan jalan Solo dan jalan Gejayan.
Di situlah letak student center yang baru. Student center ini membuat jatuh cinta setiap orang yang masuk ke dalamnya. Full keramik, desain yang indah, kamar yang dilengkapi dengan kamar mandi dalam, halaman depan dan belakang yang luas, serta banyak sekali pohon buah-buahan, seperti mangga, durian dan pisang.
Juli itu memang indah...seperti yang aku katakan di surat doaku bulan lalu. Pada akhirnya kembali aku berpengalaman dengan Allahku yang luar biasa.
Yang menjadi tantangan sekarang adalah bagaimana Allah mencukupkan kebutuhan untuk melunasi student center ini dengan batas waktu bulan Oktober.
Kontrak student center ini adalah dua tahun. setiap tahun dikontrak Rp 30 juta dan kita sudah membayar untuk tahun yang pertama. Namun, karena kita belum memiliki dana untuk tahun kedua sehingga saat ini, mari kita semua berdoa untuk kecukupan dana student center ini.
JOY 3 bulan ke depan banyak mengeluarkan uang untuk acara JOY Members Weekend, JOY 16th Anniversary, dan pembayaran student center. Mungkin bisa mencapai Rp 50 juta lho...

Tantangan lain adalah menjaga semangat teman-teman JOY untuk disiplin menghargai hadiah dari Allah ini dengan menjaga kebersihan dan ketertiban student center ini.
Harapan ke depan, student center inipun bisa menjadi pusat mahasiswa Jogja yang mau mengembangkan diri, bukan hanya yang menjadi anggota JOY, namun juga yang belum menjadi anggota JOY mau datang dan menikmati student center ini dan pada akhirnya mau belajar dan mengembangkan diri.
Tolong doakan,

Mission Trip Result

Sekali lagi Juli itu indah karena aku dan teman-teman Timoho bisa menikmati petualangan baru dalam aktivitas Campus Ministry kami lewat program Timoho Mission Trip.
Setiap perjalanan kami selalu membawa kesan dan pelajaran yang berharga bagi kami.
Kami melihat hati yang terbuka dari teman-teman yang kami kunjungi untuk saling mendukung dalam berelasi dengan Allah, terbuka, dan juga mau belajar.
Ada keinginanku mission trip ini bisa dilaksanakan lagi. Ada juga keinginanku mission trip ini bisa menjadi awal kami mendukung pelayanan PMK atau gereja lain dengan status mereka sebagai partner pengembangan pelayanan (P3). Artinya, kami menjadi partner dalam konsultasi dan juga realisasi pelayanan yang bertumbuh. Tujuan jelas agar semakin banyak anak muda yang tertarik mengenal Allah karena sifat contemporer, spirit contagious Christian, hati yang commitment dibungkus dengan visi kudus dan profesional.
Bahkan jika memungkinkan kami mission trip di pemuda di lain kota (Tangerang) bahkan sesuai visiku, ke Indonesia Tengah dan Timur. Ini mimpiku, apakah ini kehendak Allah? tolong doakan agar aku mengerti.


“apakah Allah mengijinkan kami melakukan mission trip ke Indonesia Tengah dan Timur suatu hari kelak?”

Level Up!

Bulan ini JOY Timoho mengambil tema Level Up1 sebagai program bulanan. Tujuannya, setelah teman-teman menikmati pengalaman mission trip, bersama-sama saling mendukung untuk menaikkan level kedewasaan masing-masing. Jadi harapannya, teman-teman semakin memahami bagaimana berelasi dengan Allah dan sesama yang benar, bagaimana menikmati setiap tanggung jawab sebagai kesempatan yang luar biasa untuk mengembangkan diri dan menjadi pribadi yang lebih baik, dan pada akhirnya teman-teman semakin punya hati untuk mengajak teman baru bergabung di JOY Timoho, membuat nyaman setiap teman baru yang datang serta membagikan Timoho Spirit dengan pendekatan yang diterima dan dimengerti oleh teman-teman baru yang bergabung

T-50
Tolong doakan kerinduan kami bahwa anggota JOY Timoho di akhir tahun berjumlah 50 orang. Gerakan T-50 (Timoho 50 orang) ingin disebarluaskan kepada anggota JOY Timoho mulai September. Mohon hikmat dalam mengadakan promosi sehingga banyak orang yang bergabung.

My life on Agust...

AYAH dan ANAK...
Ayahku diundang JOY untuk menjadi pembicara JNP tanggal 22 Agustus. Momen yang spesial bagiku. Kapan lagi ayah dan anak menjadi pembicara JNP kan? Ha,,,ha,,,,

RANCH dan RANCH

Karena beberapa teman pekerja ke Korea, aku mengerjakan beberapa tanggung jawab mereka, terutama memimpin ranch Betel (coach Vonny) dan ranch Babarsari (coach Yoeyou). Di Departemen Campus Ministry hanya tersisa mbak riana sendiri, yang lain pergi ke Korea. Jadi, jika semua yang memimpin ranch mbak Riana, belum lagi dia one to one ke semua leader, wah bisa jadi mbak Riana akan minta cuti ke Korea satu bulan...ha...ha..
Memang sangat padat aktivitasku sepanjang bulan Agustus, tetapi seperti ada energi yang besar menjalani bulan yang baru, mungkin karena sebentar lagi ulang tahunku ya? (7 September) ha..ha..
Aku juga tetap mengikuti pelatihan konseling di GKI Gejayan, bulan ini adalah bulan terakhir.

HANDBOOK dan HANDOUT
Aku masih harus menyelesaikan Handbook Departemen Manajemen dan juiga Handout Kursus Microsof PowerPoint dan Mind Manager. Tolong doakan hikmat untuk mengerjakannya.

101 dan NTC
Tanggal 26 aku mengajar kelas 101 tentang Jaminan Keselamatan. Sebenarnya Mas Sigit pengajarnya, namun karena dia ke Korea, aku menggantikannya. Tolong doakan agar teman-teman mengerti dan merenungkan materi yang kusampaikan dan Roh Kudus bekerja sehingga mereka mau mengembil keputusan penting tentang hidup mereka di hadapan Allah.
Aku juga menyelesaikan ngajar kursus Microsoft Word dan Excel di NTC pada bulan ini. Setelah itu bulan September dibuka periode baru.



Kulkas dan NTC di September

Bersyukur sekali ada banyak pribadi dalam keluarga besar JOY Timoho (alumni dan pendukung) yang mau mendukung dalam hal kebutuhan kulkas. Ketika aku menulis surat doa ini, sudah ada Rp 700.000 tersedia untuk membeli kulkas. Jadi kami sebentar lagi bisa membeli kulkas. Tolong dukung dalam doa.
NTC bergerak lagi sebagai pusat pelatihan berbagai hal. Tolong doakan agar ada banyak yang mendaftar untuk periode kursus komputer yang akan dimulai tanggal 13 September dengan materi Microsoft Word, Excel, PowerPoint dan MindManager. Tolong doakan agar aku berhikmat membagi waktu antara mengajar, melayani di bagian lain, dan beristirahat.
Selain kursus, kami mencoba mendukung pengembangan diri teman-teman dengan cara mengadakan Pelatihan Dasar gitar dan bahasa Inggris yang tidak dipungut biaya. Harapannya ini juga bisa menjadi bekal dasar bagi teman-teman untuk terus berkembang secara utuh, bukan hanya secara spiritual sehingga kelak bisa menjadi inspirator bahkan terlibat langsung dalam perubahan Indonesia Tengah dan Timur

JT Magz dan leaflet

Terinspirasi dari JOY Magazine yang sedang dibuat untuk JOY 16th Anniversary, JOY Timoho mengambil langkah yang sama yaitu membuat majalah yang menjadi salah satu alat promosi. Harapannya majalah ini bisa membuka wawasan mahasiswa yang membacanya.
JT Magz (nama kerennya JOY Timoho Magazine) berisi beberapa artikel tentang pergaulan yang menentukan masa depan, tips ringan berisi lokasi tempat membeli makan, sembako dan kebutuhan-kebutuhan dasar lain yang murah dan tepat untuk mahasiswa daerah Timoho, Tidak lupa kami memuat tips manajemen keuangan dan waktu yang ringan untuk teman-teman mahasiswa baru.
Selain itu, ada artikel tentang visi JOY Timoho, menciptakan NEW TIMOHO: KUDUS dan PROFESIONAL, serta profil JOY yang diceritakan dengan bahasa yang mengena di hati mahasiswa Timoho.
Tidak ketinggalan promosi tentang New Timoho Course (NTC) juga dimuat.
Tolong doakan untuk dana mencetak majalah ini. Kami belum punya cukup dana tetapi kami rindu mencetak 100 eksemplar dahulu.
LEAFLET (selebaran) sederhana yang berisi tentang kegiatan JOY Timoho juga kami buat untuk mendukung gerakan promosi T-50. ini juga sedang dikerjakan oleh salah satu anggota JOY Timoho yang memiliki minat dan bakat luar biasa dalam hal desain dan punya hati yang luar biasa untuk melayani sesuai kemampuannya. Tolong doakan dana untuk mencetak leaflet

Comments