YANG ABADI HANYA PERUBAHAN

THANK YOU SEKA

Saat awal melayani di Timoho, aku one to one dengan setiap tim inti untuk membangun relasi yang dalam di antara kami.
Ketika one to one dengan Seka, aku melihat di kamarnya, ada papan tulis (white board) yang dipakai untuk menulis jadwal mingguan aktivitasnya. Di white board tersebut tertulis aktivitasnya setiap hari termasuk tugas-tugas minggu ini yang ia harus kerjakan
Aku sangat terkesan dengan hal tersebut karena menandakan keseriusan Seka dalam mengatur hidupnya.
Sangat wajar pada akhirnya dia bisa menjadi berkat bagi banyak orang dalam studinya dan juga pelayanannya.
Seka adalah pribadi yang penuh talenta yang aku yakin sangat dipakai Allah untuk membantu banyak orang berubah dan mengenal Allah. Dia pintar bermain musik, memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, sangat bertanggung jawab menyelesaikan dengan maksimal setiap tugas yang diberikan kepadanya.
Semangatnya untuk follow up teman baru juga sangat memberkatiku. Selain itu dia memiliki segudang ide untuk membawa mahasiswa mengenal Allah lewat JOY Timoho.
Dia adalah penggagas buletin JOY Timoho yang diberi nama JT News (JT = JOY Timoho). Melalui buletin ini aku dan teman-teman tim inti lainnya bisa menuangkan pikiran yang kami rindukan bisa kami sampaikan kepada teman-teman Timoho agar mereka bisa didukung menerapkan nilai-nilai JOY dalam hidup mereka.
Seka mendedikasikan segalanya untuk perubahan Timoho.

THANK YOU SEKA—PART TWO

Tanggal 24 Mei lalu Seka diwisuda. Sarjana Komunikasi APMD. Ternyata orangtuanya adalah teman pelayanan orangtuaku. Aku dan Seka baru mengerti hal itu ketika orangtuanya tinggal di NTC ketika menghadiri wisuda Seka.
Entah di mana Allah menempatkan Seka untuk melayani Dia. Dari hati yang paling dalam aku dan teman-teman merindukan dia mau tinggal lebih lama lagi untuk melayani di JOY. Namun pada akhirnya kami sendiri tidak mengetahui kehendak Allah dalam dirinya.
Di manapun dia berada, aku sungguh sangat mengucap syukur bisa mengenalnya dan aku banyak belajar dari Seka.
Thank You Seka...

CLASS OF 2007

Tidak terasa sudah satu tahun ajaran dilewati Juni ini. Dari awal tahun ajaran baru Edi, Edo, Ospen, Melky, Chey, Arnol, dan Nelson bergabung di JOY Timoho. Memang di pertengahan tahun ada beberapa teman baru lagi yang datang, namun 7 orang inilah yang dari awal hingga saat ini tetap setia bertumbuh di Timoho.
Aku sungguh mengucap syukur karena perubahan hidup mereka. Mereka semakin komitmen di ministri, mereka semakin menerapkan nilai-nilai JOY dalam hidup mereka, mereka semakin memiliki rasa tanggung jawab, melayani dan punya inisiatif.
Selain itu yang terpenting adalah mereka memiliki relasi dengan Allah.
Aku menyebut mereka sebagai CLASS OF 2007. Sekelompok teman-teman yang selama tahun ajaran 2007 setia bertumbuh.
Aku sadar bahwa anggota Class of 2004 (Nedi, Seka, Owen, dan Pak Camat Yanto) tidak mungkin selamanya menjadi penggerak utama, tim inti dalam Timoho. Ada saatnya mereka naik level menjadi Advisor (Penasehat) bagi Timoho

CLASS OF 2007—PART TWO
Allah mengirimkan 7 orang Class of 2007 untuk menggantikan Class of 2004.
Bagiku ini adalah bukti bahwa Allah sangat rindu terjadi perubahan di Timoho sehingga Dia mempersiapkan sumber daya manusia.
Mulai bulan ini Class of 2007 secara resmi memiliki beberapa tanggung jawab seperti tim inti (nelson, Edo, dan Chey), koordinator ministri lokal (Edo-Publishing Minisrty), Melky (Fellowship Ministry) dan Ospen (Management Ministry). Mereka akan didampingi oleh Class of 2004
Kami tetap sadar kami bagian kecil dari JOY, sehingga untuk mendukung JOY, Arnol dan Edi dengan sukacita dan sukarela kami persembahkan untuk menjadi bagian inti dari ministri pusat (Dance dan Publishing Ministry).
Tolong doakan agar mereka terus menjadi teladan, tetap membuka hati untuk terus bertumbuh, menjaga relasi mereka dengan Allah, dan hati yang terus mau melayani teman-teman baru.

Hrd timoho

Ada banyak teman baru yang bergabung di Timoho. total jumlah anggota JOY Timoho sekarang adalah 25 orang.
Tentu acara Cell Group tidak bisa menjadi satu-satunya tempat pembentukan mereka. jika program di Cell Group dibuat sama seperti program sejak awal tahun ajaran, teman-teman yang sudah terlebih dahulu bergabung tentu akan bosan dan tidak mengalami pertumbuhan.
Oleh karena itu mulai semester depan di Timoho akan ada Pelatihan 101 lokal Timoho. Materinya berbeda dengan 101 di pusat. Materinya adalah mengenai Sejarah JOY Timoho, Nilai JOY Timoho (New Timoho-Kudus dan Profesional), peraturan tidak tertulis di cell group, dan manajemen diri
Tolong doakan agar aku dan teman-teman tim inti bisa diberi hikmat untuk menyusun silabus pelatihan ini

mass meeting timoho

Seiring dengan waktu aku dan teman-teman menyadari bahwa ada banyak potensi di Timoho yang bisa digunakan untuk mengajak mahasiswa di daerah Timoho untuk bertumbuh dan mengenal Allah melalui cara yang kontemporer.
Oleh karena itu dibentuklah Mass Meeting Timoho yang terdiri dari Publishing Ministry, Fellowship Ministry dan Management Event Organizer Ministry. Tiga ministry ini diharapkan semakin berkembang dan menjadi wadah pengembangan diri sekaligus daya tarik agar mahasiswa Timoho mau bergabung di JOY Timoho. kami juga berpikir membentuk Multimedia ministry.
Tolong doakan agar setiap koordinator diberi hikmat dalam memulai pelayanan baru ini dan juga ada banyak teman baru yang bergabung di setiap ministri.
Fellowship ministry diharapkan bisa menguatkan relasi di antara anggota dan membuat nyaman teman baru. Sedangkan Publishing ministry menjadi “corong” perubahan paradigma melalui tulisan dan akhirnya Management Event Organizer ministry membantu teman-teman mempunyai jiwa yang bertanggung jawab dan juga belajar bekerja sama dalam satu tim

Mimpi ntc

TOLONG DOAKAN kerinduanku agar secepatnya New Timoho Computer (NTC) memiliki ijin resmi usaha. Aku sedang mengurusnya di kantor walikota dan pada akhirnya tolong doakan biayanya
Bersyukur karena ada dua orang teman baru yang akan kursus mulai tanggal 8 Juni dan sudah ada dua orang yang berminat kursus di awal Juli. Tolong doakan pada akhirnya NTC bisa bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Kristen (UKM K)APMD untuk mengadakan kursus komputer menggunakan fasilitas laboratoriun (lab) komputer APMD.
Sudah ada persetujuan dari UKM K, dan sekarang kami sedang mengadakan pendekatan dengan Pengurus Lab Komputer APMD.
Selain itu di rumah kontrakan NTC sendir, efek positif dihasilkan dengan aktivitas makan bareng dan juga sport day di Stadion Mandala Krida. Kebersamaan dan kesempatan mengajak teman baru tercipta. Tolong doakan untuk kerinduan kami memiliki kulkas agar memudahkan penyimpanan bahan baku makanan untuk penghematan.

Samirono baru

Akhirnya kantor museum sudah pasti tidak bisa diperpanjang masa sewanya. Jadi ada dua perpindahan yang dilakukan JOY. Perpindahan kantor museum dan kantor sagan.
Untuk sementara keduanya digabung menjadi satu di kantor baru di daerah Samirono baru. Bersyukur untuk kecukupan dana untuk sewa kantor ini selama dua tahun (Rp 60 juta).
Namun, kita berharap secepatnya menemukan tempat baru untuk student center karena tentu setiap ministri membutuhkan tempat representatif untuk mempersiapkan diri melayani setiap Jumat.
Tolong doakan untuk kebutuhan dana student center ini dan juga biaya pindahan kantor.

3r

Dari bulan April hingga Mei aku bersama Mbak Riana, Yeri, dan Vonny mengikuti pelatihan konseling tahap I di GKI Gejayan mewakili JOY.
Setiap minggu kami diminta membuat refleksi dari materi yang diberikan. Refleksi mengenai diriku sendiri, bukan mengenai orang-orang yang aku layani.
Aku jadi ingat perkataan Darlyne Bailey dalam buku The Leader of The Future 2 yang di dalamnya dia menulis artikel Memimpin dari Roh. Ia mengatakan, “ jika Anda mengenal orang lain, Anda pintar, tetapi jika Anda mengenal diri Anda sendiri, Anda bijaksana. Keotentikan muncul dari keberanian untuk menghormati anugerah kehidupan dengan menjadi kita seutuhnya, untuk hidup berintegritas, dan menghidupkan apa ya kita percayai— mengetahui bahwa kehidupan kita adalah jumlah refleksi dari ratusan pilihan-pilihan kecil yang kita ambil setiap hari.
Benar bahwa pada akhirnya aku bisa menjadi pribadi yang berbeda setiap waktunya jika aku melakukan 3R terus-menerus dalam hidupku
“R” yang pertama adalah REFLEKSI — melihat terus kehidupanku dalam segala pengalaman dan pilihan yang telah kubuat sehingga aku semakin mengenal, menerima dan memahami diriku. Dunia ini cenderung berjalan sebaliknya, selalu berusaha menilai orang tanpa memedulikan pentingnya waktu untuk berdiam diri—refleksi di tengah kepadatan aktivitas. Waktu untuk “mendengar” sangat jarang.
“R” kedua adalah RELASI. Aku sekarang berbeda karena relasiku dengan orang-orang yang memberi TELADAN dan INSPIRASI. Sudah pernah kuceritakan tentang beberapa orang yang menjadi Inspirasiku. Sharing, diskusi, serta mendengarkan nasehat membuat aku berkembang. Tentu ini terus menuntut diriku untuk mau terbuka dan rendah hati
“R” terakhir adalah RE-EDUKASI. Terus mengulang setiap pelajaran hidup yang sudah aku dapatkan, belajar dari setiap kesalahan, serta tidak berhenti untuk membaca buku, mereformasi atau revolusi atau evolusi pikiranku menjadi pikirannya ALLAH.
Sungguh menjadi suatu tantangan tiap waktu bagiku 3R ini menjadi spirit dalam diriku.
Sekali lagi apakah yang dapat kulakukan tanpa ALLAH besertaku.
Terima kasih sobat untuk waktumu mendengarkanku

Comments